Psikologi yang mengemuka pada
saat itu
Jean Piaget (1896-1980)
Jean Piaget di lahirkan di Neuchtael, Swiss dan
mendapatkan gelar Ph.D dalam ilmu hewan (1918). Pada tahun 1925 secara lebih
kongkret minatnya bergeser kearah filsafat, barulah tahun 1940 ia secara nyata
terjun dalam dunia psikologi dengan menjadi direkktur laboratorium psikologi di
Universitas Janewa dan menjadi editor dari Archivers
de Psychologie dan Revue Swiss de
Psychologie. Jean Piaget juga pernah terpilih menjadi ketua Swiss Society for
Psychologie.
Beliau adalah tokoh yang
sangat penting dalam Psikologi Perkembangan. Teori-teorinya dalam psikologi
perkembangan yang mengutamakan unsur kesadaran (kognitif)
Dalam
teori tentang tingkat-tingkat perkembangan intelegensi, piaet membedakan empat
tingkat perkembangan dari struktur kognitif yaitu:
1. Tahap Sensorimotor, terdapat pada anak
berumur 0-2 tahun, adalah tahapan pertama dimana dalam tahap ini, bayi
membangun pemahaman mengenai dunianya dengan mengoordinasikan
pengalaman-pengalaman sensoris (contohnya melihat dan mendengar) dengan
tindakan-tindakan fisik dan motoric-inilah asal istilah sensorimotor.
2. Tahap Praoprasi(2-7 tahun) adalah tahap
kedua. dalam tahap ini, anak-anak mulai melukiskan dunia dengan kata-kata dan
gambar-gambar, melampaui hubungan sederhana antara informasi sensoris dan
tindakan fisik. Meskipun demikian, menurut Piaget yang sebut sebagai “operaso”,
yaitu tindakan mental yang diinternalisasikan sebelumnya dilakukan secara
fisik. Contohya, apabila anda membayangkan tidakan menyejajarkan dua tongkat
untuk memeriksa apakah keduanya akansama panjang tanpa benar-benar memindahkan
tongkat itu maka anda akan melakukan operasi kongkret.
3. Tahap Operasi Konkret (7-11Tahun) adalah
tahap ketiga. Dalam tahap ini, anak-anak dapat melakukan operasi yang
melibatkan objek-objek dan juga dapat bernalar secara logis, sejauh hal itu
diterapkan dengan contoh-contoh yang spesifik atau konkret. Pemikir operasi
konkret tidak dapat membayangkan langkah-langkah yang dipikirkan pada tahap
perkembangan ini.
4. Tahap Operasi Formal, berlangsung antara
usia 11-15 tahun dan terus berlangsung hingga masa dewasa. Ini merupakan tahap
keempat dan terakhir menurut Piaget. Dalam tahap ini, individu melampaui
pengalaman-pengalaman konkret dan berpikir secara abstrak dan lebih logis.
Sebagaidari pemikiran yang lebih abstrak, remaja mengembangkan gambaran
mengenai keadaan yang ideal. Mereka dapat berpikir mengenai konsep orang tua
yang ideal dan membandingkan orang tua mereka dengan standar ideal ini. Mereka
mulai mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan di masa depan dan kagum dengan
hal-hal yang dapat mereka lakukan. Dalam aspek memecahkan ,asalah, mereka dapat
bekerja secara lebih sistematis dengan mengembangkan hipotesos mengenai mengapa
sesuatu terjadi seperti itu kemudian menguji hipotesis tersebut.
Karya
Piaget antara lain adalah The Psychology of Intelligence(1950).
Daftar Referensi: - Sarwono, Sarlito W(2002). Berkenalan Dengan Aliran Dan Tokoh-tokoh Psikologi. Bulan bintang. Jakarta. ISBN:9794182524 3
- Santrock, John W(2011). Life Span Development - 13th ed. Gelora Aksara Pratama. ISBN-13: 978-0-07-353209-7
1. Tahap Sensorimotor sedang terjadi pada keponakan ane.. betapa cepatnya dia niru gerak gerik orang di sekitarnya..:)
BalasHapus