Minggu, 16 Maret 2014

Psikologi yang mengemuka pada saat itu

Jean Piaget (1896-1980)

            Jean Piaget di lahirkan di Neuchtael, Swiss dan mendapatkan gelar Ph.D dalam ilmu hewan (1918). Pada tahun 1925 secara lebih kongkret minatnya bergeser kearah filsafat, barulah tahun 1940 ia secara nyata terjun dalam dunia psikologi dengan menjadi direkktur laboratorium psikologi di Universitas Janewa dan menjadi editor dari Archivers de Psychologie dan Revue Swiss de Psychologie. Jean Piaget juga pernah terpilih menjadi ketua Swiss Society for Psychologie.
                        Beliau adalah tokoh yang sangat penting dalam Psikologi Perkembangan. Teori-teorinya dalam psikologi perkembangan yang mengutamakan unsur kesadaran (kognitif)

Dalam teori tentang tingkat-tingkat perkembangan intelegensi, piaet membedakan empat tingkat perkembangan dari struktur kognitif yaitu:
1. Tahap Sensorimotor, terdapat pada anak berumur 0-2 tahun, adalah tahapan pertama dimana dalam tahap ini, bayi membangun pemahaman mengenai dunianya dengan mengoordinasikan pengalaman-pengalaman sensoris (contohnya melihat dan mendengar) dengan tindakan-tindakan fisik dan motoric-inilah asal istilah sensorimotor.

2. Tahap Praoprasi(2-7 tahun) adalah tahap kedua. dalam tahap ini, anak-anak mulai melukiskan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar, melampaui hubungan sederhana antara informasi sensoris dan tindakan fisik. Meskipun demikian, menurut Piaget yang sebut sebagai “operaso”, yaitu tindakan mental yang diinternalisasikan sebelumnya dilakukan secara fisik. Contohya, apabila anda membayangkan tidakan menyejajarkan dua tongkat untuk memeriksa apakah keduanya akansama panjang tanpa benar-benar memindahkan tongkat itu maka anda akan melakukan operasi kongkret.

3. Tahap Operasi Konkret (7-11Tahun) adalah tahap ketiga. Dalam tahap ini, anak-anak dapat melakukan operasi yang melibatkan objek-objek dan juga dapat bernalar secara logis, sejauh hal itu diterapkan dengan contoh-contoh yang spesifik atau konkret. Pemikir operasi konkret tidak dapat membayangkan langkah-langkah yang dipikirkan pada tahap perkembangan ini.
4. Tahap Operasi Formal, berlangsung antara usia 11-15 tahun dan terus berlangsung hingga masa dewasa. Ini merupakan tahap keempat dan terakhir menurut Piaget. Dalam tahap ini, individu melampaui pengalaman-pengalaman konkret dan berpikir secara abstrak dan lebih logis. Sebagaidari pemikiran yang lebih abstrak, remaja mengembangkan gambaran mengenai keadaan yang ideal. Mereka dapat berpikir mengenai konsep orang tua yang ideal dan membandingkan orang tua mereka dengan standar ideal ini. Mereka mulai mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan di masa depan dan kagum dengan hal-hal yang dapat mereka lakukan. Dalam aspek memecahkan ,asalah, mereka dapat bekerja secara lebih sistematis dengan mengembangkan hipotesos mengenai mengapa sesuatu terjadi seperti itu kemudian menguji hipotesis tersebut.

Karya Piaget antara lain adalah The Psychology of Intelligence(1950).



Daftar Referensi: - Sarwono, Sarlito W(2002). Berkenalan Dengan Aliran Dan Tokoh-tokoh Psikologi. Bulan bintang. Jakarta. ISBN:9794182524 3 
 - Santrock, John W(2011). Life Span Development - 13th ed. Gelora Aksara Pratama. ISBN-13: 978-0-07-353209-7 

1 komentar:

  1. 1. Tahap Sensorimotor sedang terjadi pada keponakan ane.. betapa cepatnya dia niru gerak gerik orang di sekitarnya..:)

    BalasHapus